Tips Scan Virus dengan Avira Antivir di Bootable CD UBCD4Win

UBCD4Win merupakan salah satu Bootable Recovery CD yang sangat bermanfaat, salah satunya untuk melakukan scan komputer yang sudah terkena virus. Ketika berbagai cara untuk membasmi virus melalui windows sudah tidak berhasil, maka bootable CD UBCD4Win ini patut dicoba. Kita bisa menggunakan antivirus Avira Antivir yang sudah disertakan didalamnya.

UBCD4Win terakhir di rilis pada 21 Juni 2010. Dengan UBCD4Win ini kita bisa membuat bootable CD/USB dengan menggunakan CD Windows XP atau Windows Server 2003. Bootable CD ini menyertakan banyak program bermanfaat, seperti Antivirus, Antispyware, Recovery, CD Burning, CleanUp, berbagai Utilities dan lainnya.
Ketika kita menjalankan Bootable CD ini, windows akan berjalan langsung dari RAM (Memory), sehingga virus dan berbagai program merusak lainnya tidak akan bisa berjalan. Untuk bisa membuat Bootable CD ini, bagi yang belum tahu, bisa membaca artikel terdahulu tentang Cara Membuat Bootable CD UBCD4Win.

Salah satu antivirus yang disertakan adalah Avira Antivir 9 Personal. Tetapi ada beberapa hal atau tips yang perlu dilakukan sebelum melakukan scan virus dengan Avira. Seperti yang sudah kita ketahui, scan virus tidak akan maksimal jika antivirus ini tidak rutin di update. Kemudian bagaimana mengupdate antivirus yang ada di bootable CD ini ? mengingat update terakhir avira adalah bulan Juni 2010.

Update Avira di Bootable CD UBCD4Win

Untuk update manual avira, sama seperti update di windows. Pertama, download file update vdf_fusebundle.zip ( ukurannya sekitar 43 MB). Copy file update ini di USB Flash drive (flashdisk).
Karena Avira yang ada di bootable CD menggunakan registrasi lama (hbedv.key), maka avira tidak akan bisa di update dengan update terbaru ini. Untuk mengatasi hal ini, ambil kode registrasi (file hbedv.key) dari Avira yang sudah terinstall di windows ( biasanya ada di folder C:\Program Files\Avira\AntiVir Desktop). Selanjutnya, copy file hbedv.key ini di folder Antivir yang ada di bootable CD. Jalankan ulang avira yang ada di bootable CD. Setelah itu, update manual dengan file vdf_fusebundle.zip yang sudah di siapkan di flashdisk.

Cara update melalui menu Update > Manual Update. Setelah avira berhasil di update, lakukan scan komputer. Karena deteksi virus avira tergolong cukup tinggi, biasanya virus akan terdeteksi dan selanjutnya terserah kita, hasil deteksi akan di hapus atau di rename. Setelah selesai scan, restart windows. Biasanya cara ini cukup efektif untuk membasmi virus.

Tambahan

Ketika sudah masuk UBCD4Win, jika di prediksi komputer terkena virus lokal, mungkin bisa mencoba menggunakan Antivirus lokal yang bisa berjalan tanpa perlu installasi (portable). Caranya bisa memasukkan antivirus lokal ke dalam flashdisk. Meskipun saya sendiri belum mencoba apakah ada antivirus lokal yang bisa berjalan di dalam bootable CD ini.
Link Download dan Fitur Selengkapnya : UBCD4Win