50 Plugin Yang Akan Merubah Blog Anda Menjadi “Super Blog”

1. Custom Admin Branding

Plugin ini berfungsi untuk merubah tampilan halaman login/register pada blog anda dan juga memberikan variasi warna header dan footer untuk halaman dashboard atau wp-admin.

2. Fluency Admin

Tidak jauh berbeda dengan admin custom branding, plugin ini berfungsin untuk memberikan variasi yang cukup menarik untuk halaman dashboard blog anda.

3. Ozh’ Admin Drop Down Menu

Fungsinya untuk merubah sistem navigasi pada halaman admin menjadi drop down, untuk itu akan sangat lebih efisien dan efektif kegiatan anda di dalam halaman admin apabila menggunakan plugin ini.

4. Google Analytics for WordPress

Plugin berfungsi untuk menampilkan statistik google analytic pada halaman dashboard blog. Untuk itu, anda tidak perlu lagi mengunjungi website google analytic hanya untuk cek statistik traffic ke blog anda.

5. WordPress.com Stats

Fungsinya adalah untuk mendata dan mencatat traffic baik itu view, page view, link out dan masih banyak lagi. Untuk melihat hasil pencatatan trafficnya, anda hanya perlu masuk ke halaman dari plugin ini saja.

6. TinyMCE Advanced

Plugin ini adalah salah satu favorit saya, fungsinya adalah untuk menambahkan fitur pada editor wordpress.
This plugin adds 15 plugins to TinyMCE: Advanced HR, Advanced Image, Advanced Link, Context Menu, Emotions (Smilies), Date and Time, IESpell, Layer, Nonbreaking, Print, Search and Replace, Style, Table, Visual Characters and XHTML Extras.

7. WP-Table Reloaded

Plugin ini akan memudahkan anda dalam membuat sebuah atau banyak tabel dalam artikel anda.

8. Plugin Central

Plugin ini berfungsi sebagai media agar kita dapat menginstalkan banyak plugin sekaligus. Jujur saya sangat terbantu oleh plugin ini dan juga menghemat waktu ketika sedang membangun sebuah blog baru atau setup blog client. Silahkan anda baca artikel selengkapnya di blog sahabat saya Dani Setiyawan

9. Admin Notepad

Plugin ini sangat penting sekali untuk saya, apabila saya mempunya ide untuk menulis namun saya belum punya waktu untuk menulisnya, maka untuk sementara saya tulis ide-ide tersebut pada admin notepad ini.

10. GD Press Tools

Plugin ini salah satu plugin dengan fitur yang sangat lengkap, seperti plugin untuk admin, backup, seo maintenance dan security. Bila anda malas menggunakan banyak plugin dengan fungsi yang seperti saya sebutkan tadi, plugin ini wajib anda coba.

Database Area


11. WP-DB-Backup

Plugin untuk backup database yang satu ini, sangat user friendly dengan tidak terlalu banyak settingan yang harus anda rubah-rubah. Anda cukup centang table apa saja yang akan di backup kemudian proses backup akan dimulai. Anda pun dapat menggunakan option schedule backup agar anda tidak direpotkan lagi dengan urusan backup database.

12. WP-DBManager

Plugin ini yang sering saya gunakan, karena ada beberapa fitur yang tidak ada pada plugin wp-db-backup yaitu, optimisasi database, membetulkan database, merestore database, menghapus tabel-tabel yang tidak berguna. Tapi anda harus memperhatikan memory hosting anda, karena plugin ini cukup memakan banyak memory hosting.

13. WP-Optimize

Plugin untuk mengoptimalkan kerja database, menghapus post revision dan menghapus seluruh komentar spam dan yang masuk moderasi dengan 1 klik saja. Selain itu, wp optimize mempunyai fitur untuk mengganti username admin.

Security Area


14. WP Security Scan

Plugin security ini berfungsi untuk melakukan scanning installan wordpress blog anda, plugin ini pun memberitahukan apa-apa saja yang harus dilakukan agar blog anda cukup aman.

15. Secure WordPress

Tidak berbeda jauh fungsinya dengan wp-security scan, hanya plugin ini lebih sederhana dibandingkan wp-security scan, berikut fitur-fitur yang disediakan plugin secure wordpress :
  1. removes error-information on login-page
  2. adds index.php plugin-directory (virtual)
  3. removes the wp-version, except in admin-area
  4. removes Really Simple Discovery
  5. removes Windows Live Writer
  6. remove core update information for non-admins
  7. remove plugin-update information for non-admins
  8. remove theme-update informationfor non-admins (only WP 2.8 and higher)
  9. hide wp-version in backend-dashboard for non-admins
  10. remove version on urls from scripts and stylesheets onyl on frontend
  11. Block bad queries

16. Stealth Login

Plugin ini berfungsi untuk membuat kustom url dari halaman login, registrasi maupun halaman logout. Contohnya, untuk url default login wordpress yaitu http://www.domainanda.com/wp-login.php, anda dapat merubahnya menjadi http://www.domainanda.com/login. Anda dapat membaca cara menggunakan plugin di blog Bli Budiastawa

17. Limit Login Attempts

Fungsinya adalah untuk membatasi jumlah login suatu user (administrator,author), apabila sudah melebihi batas yang sudah ditentukan, maka plugin ini akan mengunci IP address yang mencoba login ke halaman admin anda. Silahkan baca penjelasaannya disini

18. AntiVirus

Plugin ini akan melakukan scanning baik secara manual maupun otomatis pada template yang anda gunakan. Apabila anda hobi menggunakan template nulled/warez :mrgreen: sebaiknya anda lakukan scanning terlebih dahulu menggunakan plugin ini agar blog anda tetap aman walaupun menggunakan template bajakan.

19. Exploit Scanner

Plugin ini cara kerjanya mirip dengan AntiVirus, hanya saja scanning dilakukan untuk seluruh isi server anda. Menurut yang saya baca, apabila blog anda dibobol hacker, plugin ini bisa mendeteksi bagian atau file mana yang sudah terinfeksi sesuatu atau yang akan membahayakan blog anda.

20. WordPress Firewall 2

Plugin ini berfungsi untuk memonitor dan mem-blok serangan-serangan yang berbahaya untuk blog anda. Plugin ini selalu saya install disetiap blog yang saya bangun.

SEO Area


21. Broken Link Checker

Plugin untuk mengantisipasi adanya broken link pada blog, broken link akan menggangu proses index search engine.

22. Google XML Sitemaps

Plugin yang akan membantu anda membuat sitemap blog secara otomatis. Fungsi sitemap adalah agar mempermudah robot search engine untuk mengindex seluruh bagian dari blog.

23. Google XML Sitemap for Images

Fungsinya untuk membuat sitemap khusus gambar, apabila anda mempunyai blog wallpaper atau blog dengan dominan gambar anda wajib menginstallkan plugin ini.

24. SEO Friendly Images

Plugin ini akan membuat seluruh gambar yang ada pada blog anda lebih search engine friendly, karena secara otomatis akan menambahkan tag alt dan title.

25. Robots Meta

Robots Meta ini juga mencegah robot-robot mesin pencari mengindex seluruh struktur blog anda, karena tidak semua bagian blog anda harus terindex di mesin pencari seperti halaman admin, login dan register.

26. All In One Webmaster

Plugin ini akan sangat memudahkan anda untuk memasukan meta verifikasi ke blog anda. Fitur yang ditawarkan sangat lengkap, seperti google webmaster, yahoo , bing, alexa dan masih banyak lagi. Maka anda tidak perlu lagi mengedit bagian dari template anda untuk memasukan meta verifikasi.

27. Search Terms Tagging 2

Pecinta seo tidak mungkin plugin ini dilupakan, search terms tagging 2 atau biasa disebut STT2 berfungsi untuk merekam kata kunci yang diketikan pengguna dan masuk atau berlabuh di blog anda. Plugin ini pun dapat memperkuat blog anda di SERP sekaligus meningkatkan visitor blog.

28. SEO Smart Links

Plugin ini sangat bermanfaat auto link building, baik untuk internal link maupun external. Dan juga kita dapat membuat kustom keyword disertai link, apabila ada bagian dari sebuah artikel yang mengandung keyword tersebut maka secara otomatis akan terinject oleh link yang sudah kita set sebelumnya.

29. Smart 404

Plugin ini akan melakukan pencarian malalui artikel, halaman,tag atau kategori apabila ada seorang user yang masuk pada blog dengan suatu url yang sudah tidak ada atau dihapus dan kemudian meredirectnya menuju halaman yang relevan dengan url yang sudah tidak ada tersebut atau menampilkan content yang relevan pada halaman 404.

30. KB Robots.txt

Berfungsi untuk memanage atau mengatur file robots.txt pada blog anda.

31. All In One SEO Pack

Sepertinya tidak perlu saya jelaskan fungsi dari plugin yang satu ini :mrgreen: . Intinya adalah untuk mengoptimalkan blog anda agar lebih search engine friendly.

32. Platinum SEO Pack

Sudah lebih dari 2 bulan saya meninggalkan All In One Seo Pack, karena menurut saya Platinum Seo Pack jauh lebih lengkap dari pada AIOSP, berikut fitur-fitur yang tidak ada pada AIOSP namun ada pada Platinum :
  • Otomatis redirect ke halaman 301 apabila anda mengganti struktur permalink.
  • Tambahkan add index, noindex, follow or nofollow, noodp, noydir meta tag untuk postingan/halaman.
  • Nofollow semua external link di halaman home.
  • Nofollow link yang menuju halaman kategori, arsip dan tag.
  • Blok indexing ke halaman RSS feed.

33. WordPress SEO

Plugin ini masih dalam tahap penelitian saya :mrgreen: , tapi yang membuat saya kagum pada plugin adalah begitu cepatnya membuat banyak user tertarik untuk menggunakan plugin ini. Memang, setelah saya coba pun cukup menarik dan lebih lengkap pula dari pada AIOSP. Terdapat preview artikel apabila sudah terindex oleh search engine, maka anda bisa memaksimalkan keyword dan deskripsi yang anda target.

34. SEO Ultimate

Saya sudah membahas pada artkel sebelumnya bahwa plugin ini benar-benar All In One SEO Ultimate plugin, bahkan plugin-plugin seo yang sudah saya sebutkan diatas, ada beberapa plugin yang sudah menjadi fitur utama plugin seo ultimate ini.

Affiliasi Amazon Area


35. WordPress-Amazon-Associate

Plugin ini berfungsi untuk mengintegrasikan widget affiliasi untuk amazon dengan blog anda. Penggunaannya pun tidak sulit, apabila anda pemain affiliasi amazon, silahkan anda coba plugin ini.


36. Amazon Press

Amazon press adalah plugin untuk affiliasi amazon terbaik yang pernah saya coba. Fungsinya adalah secara otomatis menampilkan related product atau produk yang terkait dengan postingan/artikel, karena terkait dengan artikel maka produk yang muncul akan berbeda-beda. Dan juga bisa anda tampilkan di sidebar blog.

Banner Area


37. Ad Rotator

Berfungsi untuk menampilkan iklan secara acak, bisa berupa iklan banner maupun text dan dapat digunakan di unlimited widget.

38. Wp125

Plugin untuk memanage iklan yang cukup lengkap ini sudah lama saya gunakan, ada 1 fitur menariknya yaitu dapat mengatur berapa lama banner yang kita pasang akan muncul.

39. Max Banner Ads

Plugin ini tidak kalah bagusnya dengan wp125, apalagi plugin ini mempunyai fitur agar kita dapat menampilkan iklan dimana saja sesuai dengan keinginan kita, baik diatas artikel, di tengah-tengah artikel maupun di sidebar.

Featured Artikel – Slider Area


40. VSlider

VSlider adalah sebuah plugin yang berbasiskan Jquery untuk menampilan slide show gambar. Efek-efek slider plugin ini pun cukup menarik dan juga pengkonfigurasiannya yang tidak sulit. Untuk demonya bisa anda lihat disini.

41. Dynamic Content Gallery

Plugin ini dapat menampilkan slide show gambar berdasarkan suatu kategori atau gambar-gambar dari postingan terbaru. Fiturnya sudah sangat lengkap dan yang pasti plugin dan Vslider cukup ringan, karena biasanya plugin untuk slider akan membuat blog menjadi lebih berat ketika diakses.

Optimisasi Loading Blog Area


42. W3 Total Cache

Sudah tidak diragukan lagi plugin ini akan membuat loading suatu blog menjadi lebih ringan. Dengan fitur caching yang bagus ditambah dengan adanya fitur minify membuat plugin ini menjadi salah satu plugin favorit saya untuk mengoptimalkan loading blog.

43. WP CSS

Fungsi dari plugin ini sebenarnya sudah terdapat pada plugin w3 total cache, hanya saja anda tidak dapat menggunakan w3 total cache apabila anda menggunakan shared hosting dengan memory yang kecil. Solusinya adalah menggunakan plugin wp css ini, fungsi utama untuk mengkompress file css template.

44. WP Smush.it

Fungsi plugin ini adalah mengkompress secara otomatis setiap gambar yang anda upload. Dengan pengkomresan gambar tersebut maka loading pun akan ikut teroptimisasi.

Twitter Widget Area


45. Tweet Blender

Tweet blender berfungsi untuk menampilkan last tweet dari akun twitter anda. Plugin termasuk yang paling lengkap dari segi fitur, selain itu plugin ini pun dapat menampilkan last tweet dan ditampilkan disebuah halaman khusus diblog anda.

46. Twitter Widget Pro

Fungsinya sama dengan tweet blender yaitu menampilkan last tweet dari akun twitter anda, namun twitter widget pro lebih mudah untuk menggunakannya dari pada tweet blender.

Social Bookmark Area


47. Digg Digg

Sangat lengkap sekali fitur yang ditawarkan plugin ini, anda dapat menampilkan tombol-tombol sharing secara normal di bawah setiap artikel, atau secara melayang/floating, dan atau menampilkan toolbar. Selain itu, tombol-tombol social bookmarknya pun sangat lengkap.

48. Drag-To-Share eXtended

Plugin social bookmarking ini cukup unik, dengan memberikan suatu fungsi pada semua gambar yang ada di dalam artikel, maka kita tinggal men-drag nya dan kemudian muncul tombol-tombol dari social bookmarknya, aduh susah jelasinnya :mrgreen: , untuk mencobannya silahkan kunjungi blog pembuat plugin ini dan coba anda sorot salah satu gambarnya kemudian klik dan tahan hingga muncul tombol tombol social bookmark.

Lainnya


49. PollDaddy Polls & Ratings

Fungsi plugin ini adalah untuk membuat suatu polling dan juga memunculkan rating disetiap artikel. Fitur membuat poling yang sangat lengkap, namun untuk yang baru menggunakan pasti akan merasa kesulitan :mrgreen:

50. Tweet Old Post

Plugin ini berfungsi untuk mengupdate status anda di twitter dengan artikel-artikel lama secara otomatis atau sederhananya yaitu mempromosikan kembali artikel-artikel lama melalui twitter secara otomatis dengan tujuan mendapatkan traffic tambahan.

Semoga ke 50 plugin yang sudah saya tulis bisa bermanfaat untuk teman-teman semua ;)